By | November 29, 2023

INFORMASI PERUSAHAAN & PRODUK YAMAHA MUSIC | Yamaha Corporation Yamaha kabushiki gaisha, /ˈjæməˌhɑ’ pengucapan bahasa Jepang: (jamaha) adalah perusahaan multinasional dan konglomerat asal Jepang yang menawarkan berbagai produk dan jasa. Perusahaan ini adalah salah satu komponen dari Nikkei 225 dan merupakan produsen piano terbesar di dunia. Divisi sepeda motornya dipisah pada tahun 1955 untuk membentuk Yamaha Motor Co., Ltd., dan awalnya merupakan afiliasi dari perusahaan ini. Namun, kemudian menjadi independen. Walaupun begitu, Yamaha Corporation tetap menjadi pemegang saham besar di Yamaha Motor.

Informasi Perusahaan
Merek Yamaha diambil dari nama sang pendiri, yaitu Torakusu Yamaha. Beliau yang sangat mengenal teknologi dan pengetahuan dunia barat sejak masa mudanya, semula menyediakan pelayanan perbaikan alat-alat kedokteran. Dengan keahliannya ini, beliau diminta untuk memperbaiki sebuah organ, sebuah proyek yang akhirnya melahirkan merek Yamaha. Dengan kepercayaan dirinya yang tinggi akan keberhasilan usahanya ini, maka beliau berusaha menghadapi segala kemungkinan untuk mendirikan Yamaha Organ Works. Dengan jiwa wiraswasta, wawasan yang luas, dan kegigihannya untuk mengatasi kesulitan, telah membangkitkan gairah beliau untuk meraih kesuksesan. Jiwa dan semangat yang sama yang telah membangun merek Yamaha, dan merupakan warisan yang sangat penting bagi Yamaha Corporation sekarang ini.

Tiga buah gambar garputala pada logo Yamaha menggambarkan hubungan kerjasama yang menghubungkan tiga tonggak bisnis kami, yaitu teknologi, produksi, dan penjualan. Garputala tersebut juga mengingatkan kita akan kekuatan energi dari suara dan musik di dunia, yang wilayahnya diindikasikan dengan lingkaran tertutup. Tanda ini juga melambangkan tiga elemen penting musik : melodi, harmoni, dan irama.

Yamaha Philosophy
Filosof i Yamaha adalah kerangka f ilosof is yang membentuk fondasi manajemen bisnis di Yamaha Group.
Filosofi Yamaha terdiri dari empat unsur; “Filosofi Perusahaan,” “Customer Experience,” “Kualitas Yamaha,” dan “Yamaha Way.”
Filosofi Perusahaan, dan Customer Experience semua mengungkapkan aspek yang berbeda dari makna di balik keberadaan Yamaha Group, sedangkan Filosofi Yamaha berfungsi sebagai landasannya.
Kualitas Yamaha dan Yamaha Way berfungsi sebagai kekuatan pendorong di balik Filosofi Yamaha, dan dimaksudkan untuk menawarkan tuntunan bagi karyawan Yamaha Group di pekerjaan harian mereka.
Kami menggunakan Filosofi Yamaha sebagai fondasi untuk melangkah, dan mencoba melihat dari sudut pandang konsumen sambil membangun keahlian dan sensibilitas yang unik, seperti reputasi keandalan tak tertandingi yang kami dapatkan melalui sejarah panjang. Kami melakukannya dengan tujuan agar secara konsisten dapat menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi melampaui ekspektasi konsumen kami, dan menciptakan kegembiraan serta inspirasi budaya bersama dengan orang dari seluruh dunia.

Filosofi Perusahaan
Filosofi Yamaha menjelaskan keberadaan Yamaha sebagai sebuah perusahaan dan sasaran yang ingin kita capai melalui bekerja bersama.
Sharing Passion & Performance.
Kami, dengan keahlian dan kepekaan yang tumbuh terbina dari suara dan musik, bersamasama dengan seluruh orang di dunia, akan terus–menerus menciptakan budaya yang kaya dan sesuatu yang baru yang menggugah hati.

Pengalaman Konsumen
Pengalaman Konsumen memberi contoh arti “Berbagi Gairah & Performa” dari sudut pandang konsumen. Ketika konsumen mengalami, menggunakan, atau memiliki produk dan jasa Yamaha, mereka harus merasakan efek yang mendalam yang akan merangsang emosi dan indera mereka.

  • Kesenangan
  • Keindahan
  • Keyakinan
  • Penemuan

Kualitas Yamaha
Kualitas Yamaha adalah kumpulan kriteria yang mendukung keinginan Yamaha pada kualitas produk dan jasa serta dedikasi kami terhadap keunggulan di bidang manufaktur. Kriteria ini membantu membuat Filosofi Perusahaan menjadi nyata.

  • Keunggulan
  • Keaslian
  • Inovasi

Way Yamaha
Yamaha Way menjelaskan cara pikir yang harus diadopsi oleh semua karyawan Grup Yamaha, dan tingkah laku yang harus mereka jalankan setiap hari, untuk mempraktikkan filosofi perusahaan.

PT YAMAHA MUSIK INDONESIA DISTRIBUTOR (PT YMID)
Nama: PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (PT YMID)
Alamat: Jl.Jend Gatot Subroto Kav 4, Jakarta 12930
Tahun Berdiri: 30 Maret 1990
Bisnis Utama: Mengimpor dan Menjual alat-alat musik Yamaha dengan mendistribusikannya
melalui dealer
PT.YMID bertugas mendistribusikan alat-alat musik Yamaha seperti Piano, Elektronik Keyboards, Gitar Akustik dan elektrik, Drum Akustik dan elektrik, Synthesizer, Professional Audio, dan alat tiup, dengan didukung oleh 60 pekerja pada awalnya. Untuk mendistribusikan alat-alat musik tersebut ke seluruh Indonesia, PT.YMID saat ini didukung oleh 85 karyawan dan kurang lebih 103 dealer.

YAYASAN MUSIK INDONESIA (YMI)
Nama : Yayasan Musik Indonesia ( YMI )
Alamat: Yamaha Music Center Building Lantai 3 ( Head Office )
Jl.Jend Gatot Subroto Kav 4, Jakarta 12930
Alamat Music School: Yamaha Music Center Building Lantai 3 & Lantai 4
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 4, Jakarta 12930
Telp 021–5202577/78
Tahun Berdiri 22 Desember 1972
Bisnis Utama: Mempopulerkan Sistem Pendidikan Musik Yamaha di Indonesia

Yayasan Musik Indonesia ( YMI ) yang didirikan pada tanggal 22 Desember 1972, menyelenggarakan kursus-kursus musik yang menerapkan sistem pendidikan musik Yamaha. YMI memiliki sekolah music sub lisensi lebih dari 108 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang mengkhususkan penyediaan pendidikan Piano, Electone, Gitar, Drum, pendidikan musik untuk anak-anak dan kursus music pop.

YMI yang merupakan lisensi dari Yamaha Music Foundation ( YMF ), Jepang, membuka pusat-pusat lisensinya di Jakarta dan Surabaya, yaitu YMI Pusat ( Jakarta ) dan YMI Citarum (Surabaya). Sebagai sub lisensinya, YMI juga memberikan kesempatan bagi pihak-pihak luar yang berkeinginan untuk membuka sekolah-sekolah musik di berbagai kota di seluruh Indonesia. YMI kurang lebih memiliki 1000 tenaga pengajar untuk mengajar siswa/I nya di setiap sekolah musik YMI di seluruh Indonesia. YMI juga mengorganisir kompetisi dan seminar musik seperti Pesta Musik, Electone Festival, Junior Original Concert (JOC), dan Seminar Recorder yang terbuka bagi masyarakat secara umum. Kegiatan-kegiatan semacam itu dirancang untuk merangsang keinginan masyarakat terhadap musik, khususnya bagi siswa/i sekolah music dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam musik secara berkesinambungan.

Untuk menjaga keseimbangan standarisasi sekolah musik YMI, maka Yamaha Music Foundation menempatkan pakar-pakar musik mereka di setiap sekolah musik YMI ( yang menganut moto “ Creating Music For Tomorrow “ / Menciptakan Musik Untuk Masa Depan). Para pakar tersebut bertanggung jawab untuk mengkomposisikan materi-materi yang akan diterapkan di sekolah-sekolah music YMI dan juga mengatur pengadaan seminar-seminar bagi guru-guru YMI.

  1. Piano
  2. Keyboard Instrumen
  3. Gitar, Bass & Amplifier
  4. Drum
  5. Alat Tiup
  6. Perkusi
  7. Marching Instrumen
  8. Synthesizers & Music Production Tools
  9. Electronic Entertainment Instruments
  10. Headphone
  11. Audio Visual
  12. Professional Audio
  13. Unified Communications
  14. Aplikasi untuk iOS dan Android™

Yamaha Corporation juga terkenal berkat program pelatihan musiknya yang dimulai pada dekade 1950-an. Produk Yamaha pun terbukti menjadi produk yang sukses, populer, dan disegani. Contohnya Yamaha YPG-625 yang mendapat “Keyboard of the Year” dan “Product of the Year” pada tahun 2007 dari majalah The Music and Sound Retailer.
Produk lain Yamaha yang terkenal adalah SHS-10 Keytar, sebuah keytar ritel yang menawarkan fitur keluaran MIDI, yang biasanya hanya dapat ditemukan di kibor yang lebih mahal.

  1. Perusahaan lain di dalam grup Yamaha Corporation meliputi:
  2. Bösendorfer Klavierfabrik GmbH, Vienna, Austria.
  3. Yamaha Fine Technologies Co., Ltd.
  4. Yamaha Music Communications Co., Ltd.
  5. Yamaha Pro Audio

Sekolah Musik
Sekolah Musik Yamaha memiliki Sistem Pendidikan Musik Yamaha yang tepat dan unik. Hal yang mendasari dibentuknya Sistem Pendidikan Musik Yamaha adalah filosofinya yaitu ”Musik untuk Semua orang”. Kurikulum Pengajarannya disesuaikan dengan usia dan perkembangan fisik dan mental anak-anak pada umumnya, yang berarti kami menyampaikan pelajaran melalui apa yang sedang unggul pada tingkatan tiap usia secara umum. Ayo Temukan Kursus yang tepat untuk Anda dan putra/i anda!

Jenis Kursus
Yamaha Music School untuk Anak
Sistem pendidikan Yamaha memiliki 3 ciri khas yaitu Timely Education, Group Lesson dan Emphasis of Creativity, dimana melalui ketiga ciri khas tersebut bertujuan agar seorang anak mampu mengekspresikan kreatifitasnya melalui penampilan dan komposisi.

Yamaha Music School untuk Remaja dan Dewasa
Yamaha Music School untuk Remaja dan Dewasa atau Popular Music Course diperuntukkan bagi remaja dan dewasa untuk dapat mengikui kursus yang menyenangkan dan variatif.

Tinggalkan Balasan